by

Sulitkah Membersihkan Dasbor Mobil yang Kotor?

-Otomatif-158 views

Banyaknya fitur yang terdapat pada dasbor mobil kerapkali bikin seseorang bingung ketika harus membersihkannya. Mau dibiarkan saja, tak enak dilihat. Apalagi di komponen yang sama terdapat fitur AC, tape, radio, dan tombol-tombol serba canggih. Sepintas memang tampak sangat sulit untuk ditangani. Tapi kalau menerapkan cara-cara di bawah ini, pasti lebih mudah.

Manfaatkan Penyedot Debu

Apakah belum cukup jika hanya membersihkan dasbor kendaraan dengan kemoceng. Aduh, kemoceng. Kalau hanya membersihkan permukaan kursi atau meja sih iya. Tapi dasbor mobil itu banyak celah yang tidak bisa dijangkau oleh bulu-bulu kemoceng. Alih-alih membersihkan, justru bulu kemoceng mendorong kotoran untuk masuk celah lebih dalam lagi.

Untuk itu, gunakan penyedot debu yang lebih efektif. Fungsinya untuk menarik debu beserta kotoran lain agar terhisap ke wadah yang sudah tersedia. Dengan adanya penyedot debu tersebut, proses membersihkan dasbor kendaraan Anda jadi berlangsung lebih cepat. Sebisa mungkin gunakan penyedot debu dengan daya hisap yang kuat agar bersih secara menyeluruh.

Gunakan Pembersih Khusus untuk Dasbor Kendaraan

Cairan pembersih ini bisa Anda dapatkan via toko terdekat. Lebih bagus lagi jika toko tersebut khusus menjual berbagai keperluan untuk perawatan kendaraan bermotor. Sebab tidak semua pembersih itu cocok ketika diaplikasikan ke dasbor kendaraan. Salah-salah, bukannya kinclong malah mengganggu proses kelistrikan kendaraan Anda.

Satu pantangan yang harus Anda hindari adalah penggunaan sabun cuci untuk membersihkan dasbor kendaraan. Kenapa tidak boleh? Sebab sabun cuci biasanya bersifat agak keras. Sedangkan dasbor kendaraan Anda memiliki tekstur yang lembut. Apalagi kalau terbuat dari material kulit asli. Alih-alih membersihkan, justru meninggalkan bekas uap dan semakin kusam.

Pakai Lap Khusus

“Ah, pakai kain seadanya sajalah,” begitu kata sebagian orang. Memang mudah sih untuk mendapatkan kain lap seadanya. Tapi hasilnya kurang memuaskan. Beberapa kain dengan bahan tipis justru membuat cairan pembersih sulit kering. Oleh karena itu, gunakan lap khusus untuk dasbor mobil Anda. Misalnya lap mikrofiber.

Keunggulan kain lap mikrofiber itu memiliki daya serap yang sangat tinggi. Saat diaplikasikan ke dasbor, sama sekali tidak menggores permukaannya. Cara menggunakannya dengan melembapkan bagian kain lap microfiber dengan air bersih. Tujuannya biar lebih lembap dan bisa menyerap lebih cepat.

Perlukah Menggunakan Pelindung Sinar Matahari?

Perlu sekali. Sebab, bagian dasbor kendaraan Anda merupakan bagian interior yang paling sering kena sinar matahari dibanding komponen lain. Sedangkan kita sama-sama tahu, bahwa sinar matahari yang begitu menyengat itu bisa bikin material dasbor jadi kusam. Jadi, kusamnya dasbor kendaraan bukan karena debu atau kotoran saja.

Pelindung sinar matahari biasanya dijual di tempat yang sama dengan lap microfiber ataupun cairan pembersih. Istilahnya satu paket. Tapi, kalau Anda tidak menggunakan pelindung sinar matahari juga tak apa kok. Cuma, siap-siap saja kalau dasbor kendaraan Anda kembali kusam atau tampak kotor dalam waktu dekat.

Gunakan Pewangi yang Menyegarkan

Setelah semua bersih dan terlindungi, tinggal kasih pewangi. Adanya pewangi bisa membuat kegiatan berkendara jadi lebih menyenangkan. Tatapan ke jalanan jadi semakin fokus. Untuk pewangi ini, sebaiknya gunakan yang beraroma segar. Misal berbau lemon atau bunga melati. Hindari bau-bauan yang menyengat karena bisa mengganggu konsentrasi saat mengemudi.

Apa pun yang terjadi, harap untuk selalu menjaga kebersihan dasbor mobil Anda. Terutama jika Anda selama sering membawa partner atau mitra bisnis jalan-jalan bersama satu mobil. Demi kenyamanan Anda dan juga penumpang, kebersihan dasbor kendaraan wajib diprioritaskan. Debu dan kotoran yang menumpuk juga bisa mengganggu fitur kendaraan Anda. Jadi, sayang sekali kalau kebutuhan ini diabaikan begitu saja.

News Feed