by

Ini Dia Beberapa Penyebab dan Cara Mengatasi Asam Urat

-Kesehatan-116 views

Penyakit asam urat mungkin sudah tidak asing lagi di Indonesia. Karena penyakit yang satu ini banyak diderita oleh masyarakat. Asam urat merupakan penyakit sendi yang timbul karena adanya kadar asam urat yang tinggi dalam darah. Penumpukan kadar asam urat ini akhirnya membentuk kristal monosodium urat yang nantinya menumpuk di dalam tubuh san menyebabkan gangguan peradangan pada area persendian. Hampir semua sendi yang ada dalam tubuh akan terkena dampak asam urat, namun biasanya yang sering terserang adalah pada sendi jari tangan, jari kaki, pergelangan kaki, dan lutut.

Untuk kondisi normal, kadar asam urat akan larut dalam darah dan dikeluarkan melalui bersama urin. Namun karena jumlahnya yang tinggi, tubuh tidak bisa mengeluarkan semuanya dan menumpuknya dalam bentuk kristal yang menjadi penyebab sakit asam urat. Asam urat dikaitkan dengan penyakit yang dialami oleh orang lanjut usia. Padahal penyakit ini bisa juga dialami oleh semua orang tanpa pandang usia dan jenis kelamin. Dari berbagai kasus, asam urat sangat rentan menyerang kaum pria dibandingkan wanita.

Asam urat bisa terjadi karena dipicu oleh kebiasaan hidup manusia yang tidak sehat. Agar terhindar dari penyakit ini, Anda harus tahu penyebabnya agar bisa mencari cara untuk mengatasinya. Berikut ini beberapa penyebab asam urat, antara lain:

  • Makanan dan minuman.

Penyebab asam urat yang sering terjadi adalah karena mengkonsumsi makanan dengan kadar purin yang tinggi. Makanan dengan kadar purin tinggi bisa ditemukan pada makanan, seperti jeroan (hari, otak, usus, limpa, dll), ekstrak daging atau kaldu daging, ikan sarden, daging bebek, ikan makarel, kerang. Selain dipicu makanan dengan kadar purin tinggi, juga bisa disebabkan oleh makanan dengan kandungan purin sedang, seperti pada daging sapi, daging ayam, ikan laut, udang, tahu, dan tempe. Dan untuk minuman yang menjadi pemicunya, seperti pada minuman manis dan minuman beralkohol.

  • Obat-obatan.

Beberapa jenis obat-obatan tertentu bisa menjadi penyebab asam urat meningkat, seperti pada obat diuretik (obat yang berguna untuk membuang kelebihan garam dan air dari dalam tubuh) dan aspirin. Selain itu, asam urat juga bisa disebabkan karena sedang dalam proses penyembuhan cidera atau operasi, serta ada pada kondisi medis tertentu yang menyebabkan asam urat.

  • Kelebihan berat badan.

Sudah bukan berita baru lagi, jika kelebihan berat badan bisa memicu berbagai penyakit dalam tubuh, salah satunya penyakit asam urat. Saat tubuh kelebihan berat badan, tubuh akan terpicu untuk memproduksi lebih banyak asam urat. Sehingga kadar asam urat akan melonjak dalam tubuh dan membuat ginjal kesulitan dalam membuang asam urat dari dalam tubuh.

  • Riwayat keluarga.

Salah satu penyebab asam urat yang tidak bisa dihindari adalah faktor genetik atau keturunan. Jika orang tua atau keluarga ada riwayat mengalami asam urat, kemungkinan besar untuk mengidapnya akan sama.

Bagi yang saat ini menderita asam urat jangan berkecil hati terlebih dahulu. Karena asam urat masih bisa diobati dengan berbagai cara. Salah satunya dengan fokus mengkonsumsi makanan yang rendah purin dan mengkonsumsi obat-obatan yang dianjurkan oleh dokter untuk meringankan gejala-gejala sembari mencegah asam urat kambuh lagi. Biasanya dokter akan memberi resep obat anti inflamasi non-steroid, seperti piroxicam. Namun untuk penderita asam urat yang sudah terlalu sering mengalami serangan asam urat, biasanya dokter akan memberikan allopurinol untuk menghambat produksi asam urat dalam tubuh, atau dengan probenecid untuk meningkatkan pembuangan asam urat keluar dari dalam tubuh.

News Feed