by

Ini Dia 8 Langkah yang Harus Dilakukan Oleh ODP Virus Corona

-Kesehatan-294 views

Virus Corona nyatanya bukan satu-satunya wabah mematikan yang pernah menyerang dunia ini. satu abad lalu dunia juga pernah terkena Flu Spanyol dimana jutaan orang meninggal dunia disebabkannya. Hanya saja sekarang ini dengan perkembangan teknologi dan juga ilmu pengetahuan yang ada, tentunya para ilmuan sebisa mungkin juga mencoba berbagai macam cara untuk menyelesaikan masalah tersebut, seperti diantaranya adalah dengan membuat vaksin yang dapat mencegahnya.

Covid 19 ini sendiri pada awalnya ditemukan di Wuhan, China. Namun tidak menunggu waktu lama untuk menyebar ke berbagai penjuru dunia secara cepat. Termasuk juga masuk ke Indonesia. Bahkan sejauh ini selama kurang lebih 4 bulan penyebaran virus tersebut sudah lebih dari 50 ribu jiwa melayang disebabkan olehnya. Bahkan diperkirakan jumlahnya masih akan terus bertambah seiring dengan mobilitas manusia yang belum dibatasi. Sebenarnya hal lain yang menyebabkan penyebaran dari virus ini berlangsung secara cepat adalah kurangnya kesadaran bagi masyarakat.

Banyak diantaranya yang sebenarnya sudah terserang virus Corona namun tidak menyadarinya sehingga terus menyebarkan atau menularkan virus tersebut kepada anggota keluarga yang lainnya tanpa disadari. Sehingga hal ini menyebabkan penyebaran virus tersebut juga berlangsung secara cepat tak terkendali. Bagi Anda yang sudah merasakan gejalanya dan ditetapkan sebagai ODP atau Orang Dalam Pengawasan, setidaknya harus menerapkan beberapa hal ini, yaitu:

  1. Tetap berada di dalam rumah, jangan keluar rumah kecuali memang harus keluar untuk mendapatkan pengobatan yang lebih lanjut. Dengan demikian maka dapat mengurangi resiko penyebarannya.
  2. Jika seandainya mengalami beberapa gejala lanjut, seperti diantaranya adalah gangguan pernapasan maka sebaiknya segera konsultasikan. Bisa konsultasi online lewat aplikasi Halodoc, maupun dengan melakukan konsultasi secara langsung ke rumah sakit, apalagi ketika Anda sudah ditetapkan sebagai PDP, maka kondisinya sudah lebih serius lagi dan tidak boleh diremehkan.
  3. Sebaiknya usahakan tinggal terpisah dengan orang lain, ketika kondisinya sendiri sudah semakin parah, maka salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah penularannya kepada orang lain atau keluarga tercinta adalah dengan tinggal terpisah dengan keluarga. Namun jika tidak memungkinkan cukup mengisolasi diri di dalam kamar dan sebaiknya gunakan kamar mandi terpisah dengan orang lain.
  4. Jangan menerima tamu yang datang menjenguk. Bahkan jika bisa upayakan untuk mencegah orang yang ingin menjenguk Anda tersebut. Karena hal semacam ini sangatlah beresiko untuk membuat orang lain yang ada di sekitar Anda tersebut nantinya juga akan tertular.
  5. Jangan keluar rumah ataupun melakukan pertemuan dengan orang yang juga kondisinya sedang sakit. Karena orang-orang semacam ini sistem imunsnya tengah lemah dan lebih beresiko tinggi untuk mengalami kondisi yang lebih serius.
  6. Gunakanlah masker dan juga sarung tangan jika seandainya Anda terpaksa keluar rumah atau berada di tempat umum. Sehingga nantinya droplet tersebut tidak akan menular atau terkena orang lain ketika batuk ataupun bersin.
  7. Ketika bersin atau batuk tutup mulut dan hidung memakai tisue, kemudian segera buah ke tempat sampah.
  8. Jangan pernah berbagai pakaian, alat makan, alat mandi, selimut, handuk dan sebagainya dengan orang lain yang sehat.

Setidaknya itulah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk penanganan ODP virus Corona tersebut. Biasanya bisa jadi sebenarnya hanya flu biasa namun mirip Covid 19, namun jika bisa jadi statusnya meningkat menjadi positif Covid 19.

News Feed