by

Gejala dan Cara Menangani Kanker Serviks Stadium 4

-Kesehatan-235 views

Kanker serviks merupakan salah satu jenis kanker yang menjadi sebab kematian wanita terbanyak setelah kanker payudara. Kanker serviks merupakan mutasi sel yang terdapat di bagian leher rahim. Pada perkembangannya, kanker serviks tidak menunjukkan gejala yang berarti di fase-fase awal sehingga sering sekali wanita baru mengetahui bahwa dirinya terkena kanker serviks setelah berada di stadium lanjut. Kanker serviks stadium 4 merupakan fase lanjut dari kanker serviks dan merupakan stadium akhir. Stadium 4 sendiri dibagi menjadi 2 jenis yaitu stadium 4a dan stadium 4b yang dibedakan dari perkembangan sel kanker tersebut.

Kanker serviks di stadium 4a adalah kondisi dimana sel kanker sudah menjalar dari mulut rahim hingga ke bagian anus dan kandung kemih. Sedangkan di stadium 4b, kanker serviks sudah menjalar hingga ke jaringan organ lainnya seperti paru-paru, hati, ginjal dan lainnya. kondisi ini sangat serius hingga pasien hampir sudah tidak bisa beraktivitas dan hanya rebahan saja karena beberapa organnya mulai tidak berfungsi dengan maksimal. untuk gejala pada kanker serviks di stadium IV A dan B, berikut ini adalah beberapa diantaranya:

  • Mengalami pendarahan abnormal dari vagina secara lebih sering sehingga menyebabkan penderita pucat karena anemia.
  • Merasa lelah terus menerus.
  • Kehilangan selera makan dan berat badan yang terus menurun.
  • Nyeri di bagian punggung, perut bawah, hingga tulang panggul dan kaki.
  • Mengalami sesak nafas karena anemia atau jika sel kanker telah menyebar hingga ke paru-paru pada stadium IV B.
  • Urine berdarah, dan terjadi penurunan volume urine.
  • Mengalami konstipasi atau sembelit.
  • Pembengkakan pada salah satu tungkai kaki.

Secara medis, kesempatan sembuh bagi pasien kanker serviks di stadium IV adalah 16% di stadium IVA dan 15% di stadium IV B yang dihitung dalam skala 5 tahunan setelah terdeteksi mengidap kanker serviks di stadium IV. Angka yang cukup untuk membuat pasien tetap harus semangat menjalani pengobatan yang saat ini telah disediakan untuk menghambat pertumbuhan sel kanker.

Untuk memperbesar kesempatan sembuh bagi pasien dengan kanker stadium IV, saat ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu kombinasi antara beberapa prosedur pengobatan tergantung stadium kanker, letak sel kanker dan jenis sel kanker yang diderita. Berikut ini adalah gambaran mengenai cara pengobatan yang saat ini digunakan:

  • Pada kanker stadium IVA.

Menggunakan kombinasi antara radiasi dan kemoterapi. Radiasi eksternal dilakukan setiap hari selama 5 hari dalam satu minggu dan dikombinasikan dengan kemoterapi yang dilakukan seminggu sekali atau dua minggu sekali tergantung jenis kemoterapi. Radiasi dilakukan hingga 5 minggu dan diakhiri dengan radiasi internal.

  • Stadium IV B.

Pada stadium ini pengobatan lebih bertujuan untuk meringankan gejala kanker itu sendiri yaitu dengan cara melakukan kemoterapi dan tindakan paliatif.

Bagi wanita, kanker serviks stadium 4 hampir mirip dengan vonis mati dimana Anda hanya tinggal menghitung hari atau minggu untuk bertahan. Namun hal tersebut tidak sepenuhnya benar karena saat ini teknologi kedokteran yang semakin canggih dapat memperbesar harapan untuk sembuh. Namun tentu saja mencegah lebih baik dibandingkan mengobati sehingga lakukan tindakan pencegahan dengan mengikuti tes papsmear secara rutin atau 6 bulan sekali akan membantu Anda untuk mendeteksi sel kanker meski masih berada di stadium dini sehingga upaya pengobatan bisa dilakukan dengan lebih mudah.

News Feed